Menu

Mode Gelap
Tabligh Akbar dan Karnaval Meriahkan Harlah Satu Abad Nahdatul Ulama Bupati Hermus : Kemenhub Dukung Perluasan Bandara Rendani dan Pembangunan Jembatan Layang Tingkatkan Peduli Lalu Lintas, Satlantas Polresta Manokwari Ngopi Mansinam Bersama Masyarakat Penghijauan Kampung Semarakkan HUT Ke-4 Kampung Persiapan Rourouw II Bertemu Wamendagri Pj. Gubernur Waterpauw Perjuangan APBD Papua Barat

PAPUA BARAT · 13 Jan 2023 19:11 WIT

Kemenag Papua Barat Perkenalkan Aplikasi ‘Pusaka’ dan Gelorakan Gemar Papeda


 Kemenag Papua Barat Perkenalkan Aplikasi ‘Pusaka’ dan Gelorakan Gemar Papeda Perbesar

MANOKWARI – Momentum syukuran Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 yang dilaksanakan, Jumat(13/1/2023), Kakanwil Kemenag Papua Barat Luksen Jems Mayor turut memperkenalkan sebuah aplikasi android yang diberi nama ‘Pusaka’. 

Aplikasi super apps ini dapat diunduh melalui playstore telepon seluler. Pusaka merupakan aplikasi yang menghadirkan berbagai fitur layanan online Kementerian Agama untuk masyarakat. Misalnya, pendaftaran haji, pendaftaran nikah, sertifikasi halal, dan lain-lain. 

Layanan pendidikan juga tersedia dalam aplikasi Pusaka, antara lain: video pembelajaran, daftar lembaga pendidikan, informasi seputar program bantuan pendidikan, beasiswa, serta pendidikan dan pelatihan. 

“Mari kita semua unduh aplikasi ini, karena aplikasi ini akan sangat memudahkan kita,” tutur Mayor. 

Diketahui, beragam informasi keagamaan juga disajikan dalam aplikasi ini, mulai doa, khutbah keagamaan, tempat ibadah, termasuk juga para penceramah agama. 

Jalan Sehat Dalam Rangka Peringatan Hari Amal Bhakti ke-77 yang dilaksanakan Kanwil Kemenag Papua Barat

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua Barat, Luksen Jems Mayor saat melepas peserta jalan sehat kerukunan mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk menyerukan kerukunan dan kedamaian di Papua Barat.

“Lewat Jalan sehat ini, kita usung motto kerukunan umat untuk Indonesia Hebat. Kita juga ingin Papua Barat Hebat. Mari gelorakan Gemar Papeda atau gerakan masyarakat Papua penuh damai. Gemar berbuat baik, bergotong royong dan gemar berbuat damai” ajak Mayor.

Mayor juga mengatakan, membangun kerukunan di Provinsi Papua Barat butuh dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

“Kementerian Agama Provinsi Papua Barat tidak bisa berjalan sendiri, maka itu kami membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholder untuk mewujudkan kerukunan demi Papua Barat yang kuat,” sebut Mayor.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw menekankan agar Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Papua Barat dapat menjaga kerukunan serta tidak mudah terpancing kabar hoax, apalagi menurutnya, momentum pesta demokrasi semakin dekat.

“Ini sudah tahun 2023, banyak gelombang-gelombang jelang 2024. Oleh karenanya, basudara dorang semua jika ada berita hoax, berita yang menyesatkan dan diragukan kebenarannya tolong dikonfirmasi ke pihak yang berkompeten termasuk para tokoh,” ujar Paulus Waterpauw, saat menghadiri syukuran Hari Amal Bhakti Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia, yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Papua Barat di Kantor Kemenag Kabupaten Manokwari.

“Jika ada isu yang tidak benar jangan sampai ada yang terpancing, apalagi sampai bakar membakar. Semua hal bisa dibicarakan secara baik,” sambung Waterpauw.

Disisi lain, Paulus Waterpauw juga menekankan pentingnya vaksinasi covid-19 meski PPKM telah dicabut.

“Di Provinsi Maluku, Papua dan Papua Barat vaksinasi terbilang masih rendah, padahal lewat vaksinasi ini merupakan bentuk ketahanan tubuh kita dalam menahan serangan penyakit,” sebut Paulus Waterpauw.

Untuk itu, seluruh ASN dimintanya wajib mengikuti proses vaksinasi covid-19 yang akan dilaksanakan secara serentak dalam waktu dekat.

“Ini juga berlaku di Kemenag. Saya minta Pak Kakanwil untuk dilingkungan Kementerian Agama Provinsi Papua Barat bisa diperhatikan,” tegas Paulus Waterpauw.

Pantauan awak media, dalam kegiatan jalan sehat kerukunan dan syukuran HAB Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Papua Barat, Pj. Gubernur Papua Barat turut menandatangani deklarasi pesan kerukunan dan kedamaian termasuk memberikan hadiah berupa 2 unit sepeda motor kepada pemenang kupon doorprize. (ACM)

Artikel ini telah dibaca 30 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Bertemu Wamendagri Pj. Gubernur Waterpauw Perjuangan APBD Papua Barat

25 Januari 2023 - 21:41 WIT

Maraknya Isu Penculikan Anak , Sat Binmas Polres Teluk Bintuni Gencar Berikan Imbauan

25 Januari 2023 - 13:25 WIT

Kanwil Kemenag Papua Barat Buka Rekrutmen Calon PPIH Tahun 2023

25 Januari 2023 - 09:09 WIT

Polda Papua Barat Buka Pendaftaran Sekolah Inspektur Polisi Dua Sumber Sarjana (SIPSS) 2023

24 Januari 2023 - 16:24 WIT

Kapolri Gaungkan Sinergisitas TNI Polri Di Polda Papua Barat

11 Januari 2023 - 15:03 WIT

Sambut HAB Ke-77 Kemenag Papua Barat Gandeng PMI Gelar Donor Darah

11 Januari 2023 - 14:33 WIT

Trending di PAPUA BARAT