Menu

Mode Gelap
Tabligh Akbar dan Karnaval Meriahkan Harlah Satu Abad Nahdatul Ulama Bupati Hermus : Kemenhub Dukung Perluasan Bandara Rendani dan Pembangunan Jembatan Layang Tingkatkan Peduli Lalu Lintas, Satlantas Polresta Manokwari Ngopi Mansinam Bersama Masyarakat Penghijauan Kampung Semarakkan HUT Ke-4 Kampung Persiapan Rourouw II Bertemu Wamendagri Pj. Gubernur Waterpauw Perjuangan APBD Papua Barat

MANOKWARI SELATAN · 9 Nov 2022 19:43 WIT

Bazar dan Pasar Murah Sambut HUT ke-10 Kabupaten Mansel Diserbu Warga


 Bazar dan Pasar Murah Sambut HUT ke-10 Kabupaten Mansel Diserbu Warga Perbesar

Manokwari Selatan – Menyambut HUT ke-10 Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel),  Pemerintah Daerah menggelar bazar dan pasar murah bertempat di dua titik yakni Distrik Oransbari dan Ransiki, Rabu (9/11/2022).

Selain pasar murah, Pemkab Mansel juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melakukan screening kesehatan bagi masyarakat.

Bupati Markus Waran dalam sambutannya mengatakan dalam rangka mengatasi laju inflasi akibat kondisi ekonomi global yang tidak stabil sehingga menyebabkan krisis pangan, sehingga dilakukan pasar murah. Pembelian sembako di pasar murah tersebut juga dibatasi untuk mengurangi adanya penimbunan.

” Karena ini namanya pasar murah ya belinya dibatasi seperti minyak goreng 1 orang maksimal beli 3 liter. Supaya tidak ada penimbunan, beli murah sekarang baru mau dekat natal jual lagi dengan harga tinggi” tutur Bupati Waran saat membuka Pasar Murah di Oransbari.

Sementara Wakil Bupati Wempi Welly Rengkung dalam sambutannya mengatakan pemerintah daerah terus berupaya mengendalikan inflasi yang terjadi beberapa bulan ini akibat krisis energi dan pangan yang berdampak pada kenaikan harga BBM dan bahan pokok.

Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemda untuk meringankan beban ekonomi masyarakat adalah dengan melakukan pasar murah. Dengan demikian juga diharapkan dapat mendorong kelancaran barang dan stabilitas harga bapok di pasaran.


” Selain dalam rangka Hari Jadi Kabupaten kita, pasar murah ini dilakukan untuk menjawab laju inflasi yang terjadi akibat krisis energi dan komoditi pangan” ujar Wempi saat membuka Pasar Murah di Ransiki.

Lanjut, Wempi menerangkan jika bapok yang dijual di pasar murah, telah di subsidi pemerintah sehingga harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran. Harga beras 10 kg yang biasanya Rp.120.000 menjadi Rp. 100.000, kemudian telur per rak dari Rp.55.000 menjadi Rp 45.000,  gula pasir dari harga Rp. 15.000 jadi Rp.13.000, dan tepung dari Rp.13.000 jadi Rp.10.000.

” Tidak perlu panik dan antri berlebihan, karena bahan pokok ini ketersediaan di pasaran juga mencukupi hingga memasuki perayaan natal nanti” harapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Mansel Tonny Adrian pada kesempatan tersebut kembali mengingatlan agar warga yang belum memiliki kartu BPJS Kesehatan agar segera melakukan pendaftaran. Dengan demikian mendapat manfaat saat berobat di puskesmas.


” Sakit itu tidak mengenal waktu, bisa sekarang bisa besok. Jadi mari saya ingatkan lagi Bapak Ibu daftar BPJS kesehatan, supaya berobat di puskesmas bisa mengurangi biaya atau gratis” ucap Tonny.

Salah satu warga  Ransiki, Yuliana Bonggoibo mengaku antusias membeli di pasar murah untuk menyediakan bapok di rumahnya. Ia berharap pasar murah bisa lebih sering dilakukan agar membantu warga.

” Senang kalau ada pasar murah begini kami masyarakat ini jadi terbantu, bisa beli bapok yang agak murah dari pasar. Kami minta supaya kegiatan begini sering dibuat apalagi sudah mau natal, sehingga membantu masyarakat”harapnya.


Selain pasar murah, pemda juga menggelar gerai vaksin covid 19 dan sosialisasi sekolah penerbangan Tri sakti institute airlines serta penyerahan bantuan sarana pendidikan dari PT. Multi Sukses Abadi. (ACM)

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kerap Diprotes Warga Jadi Penyebab Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Mansel Masih Rendah

12 November 2022 - 14:32 WIT

Pimpin Apel Gabungan Bersama Pemda, Dandim 1808/Mansel Imbau Masyarakat Stop Miras

11 November 2022 - 14:49 WIT

Momentum Hari Pahlawan, Generasi Muda Diajak Teladani Semangat Pahlawan Dalam Menjawab Tantangan Global

10 November 2022 - 15:23 WIT

DPPA TA 2022 Pemkab Mansel Diserahkan, OPD Diminta Segera Realisasi dan Tingkatkan Serapan Anggaran

9 November 2022 - 06:49 WIT

Kepala BPJS Kesehatan Kab. Mansel Dukung Gerakan Senam Sehat Sebagai Kampanye Kesehatan

21 Oktober 2022 - 15:41 WIT

BPJS Kesehatan Goes to School Ajak Pelajar Tanamkan Nilai Budaya Gotong Royong Sejak Dini

10 Oktober 2022 - 13:59 WIT

Trending di MANOKWARI SELATAN