Menu

Mode Gelap
Tabligh Akbar dan Karnaval Meriahkan Harlah Satu Abad Nahdatul Ulama Bupati Hermus : Kemenhub Dukung Perluasan Bandara Rendani dan Pembangunan Jembatan Layang Tingkatkan Peduli Lalu Lintas, Satlantas Polresta Manokwari Ngopi Mansinam Bersama Masyarakat Penghijauan Kampung Semarakkan HUT Ke-4 Kampung Persiapan Rourouw II Bertemu Wamendagri Pj. Gubernur Waterpauw Perjuangan APBD Papua Barat

MANOKWARI SELATAN · 10 Nov 2022 15:23 WIT

Momentum Hari Pahlawan, Generasi Muda Diajak Teladani Semangat Pahlawan Dalam Menjawab Tantangan Global


 Momentum Hari Pahlawan, Generasi Muda Diajak Teladani Semangat Pahlawan Dalam Menjawab Tantangan Global Perbesar

MANOKWARI SELATAN – Memperingati Hari Pahlawan  yang jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya, Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) melaksanakan upacara bertempat di Lapangan Garuda Ransiki, Kamis (10/11/2022).

Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Mansel Markus Waran, sedangkan Komandan upacara Kapten Inf  Rudi Hartono. Turut hadir Wakil Bupati Wempi Rengkung, Sekda Hengky Tewu, Dandim 1808/Mansel, Kapolres Mansel, Pimpinan OPD serta tomas toga dan ketua ormas di Kabupaten Mansel.

Upacara hari pahlawan ditandai dengan pengibaran bendera merah putih oleh paskibra diantaranya petugas penggerek bendera Valentino Kalengkongan, pembentang bendera Theis Norkalius Mandowen, dan pembawa bendera Sellanita Irsa Waran.


Dalam upacara tersebut juga dilakukan pembacaan teks pancasila, pembukaan UUD 1945, serta pembacaan pesan-pesan Pahlawan.

Bupati Markus Waran saat membacakan amanat Menteri Sosial RI mengatakan Hari Pahlawan sekiranya tidak hanya sekedar diingat setiap tanggal 10 November, namun lebih dari pada itu bagaimana menanamkan nilai-nilai kepahlawanan kepada generasi sekarang untuk mengisi kemerdekaan.


Maksudnya setiap insan masyarakat Indonesia seyogianya memiliki semangat kepahlawanan dan tergerak hatinya untuk membangun negeri sesuai dengan potensi dan profesi masing-masing yang perlu terus dipertahankan untuk mengenang para pahlawan. Hal ini sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2022 “PAHLAWANKU TELADANKU”.

Saat ini, Indonesia berada dalam perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan pemanasan global yang memicu beragam bencana alam, serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih.

” Kesiapsiagaan kita menghadapi bencana alam termasuk pandemi COVID-19 serta kelangkaan sumber daya, harus senantiasa diperjuangkan secara bersama dengan kesungguhan. Kita mempunyai semua modal dasar untuk menjadi Bangsa Pemenang. ” pintanya.


Untuk itu, Risma berharap pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan harus terus dilakukan, kemudian melakukan pengembangan sumber pangan berbasiskan potensi dan kearifan lokal, sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan. Mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi.

” Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya” ajaknya.


Selain itu, Risma juga mengajak memberantas kebodohan, perangi kemiskinan dan upaya pecah-belah bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Lawan paham radikal, serta tumbuh kembangkan semangat gotong royong untuk menyongsong masa depan yang cerah. (ACM)

Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Kerap Diprotes Warga Jadi Penyebab Cakupan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Mansel Masih Rendah

12 November 2022 - 14:32 WIT

Pimpin Apel Gabungan Bersama Pemda, Dandim 1808/Mansel Imbau Masyarakat Stop Miras

11 November 2022 - 14:49 WIT

Bazar dan Pasar Murah Sambut HUT ke-10 Kabupaten Mansel Diserbu Warga

9 November 2022 - 19:43 WIT

DPPA TA 2022 Pemkab Mansel Diserahkan, OPD Diminta Segera Realisasi dan Tingkatkan Serapan Anggaran

9 November 2022 - 06:49 WIT

Kepala BPJS Kesehatan Kab. Mansel Dukung Gerakan Senam Sehat Sebagai Kampanye Kesehatan

21 Oktober 2022 - 15:41 WIT

BPJS Kesehatan Goes to School Ajak Pelajar Tanamkan Nilai Budaya Gotong Royong Sejak Dini

10 Oktober 2022 - 13:59 WIT

Trending di MANOKWARI SELATAN