Menu

Mode Gelap
Pengadilan Negeri Manokwari Tolak Praperadilan Tersangka Pembunuh Yahya Sayori Penembakan Warinussy, Dugaan Sementara Pelaku Gunakan Senapan Angin Seorang Pengacara Di Manokwari Jadi Korban Penembakan OTK Seleksi Catar Kanwil Kemenkumham Papua Barat Digelar Akhir Pekan Ini Ditreskrimsus Polda Papua Barat Lakukan Tahap II Kasus KorupsI Dana Hibah PBVSI

MANOKWARI · 5 Jul 2024 15:06 WIT

Apkasi Gelar Sosialisasi Beasiswa Indonesia Emas di Manokwari


 Apkasi Gelar Sosialisasi Beasiswa Indonesia Emas di Manokwari Perbesar

MANOKWARI – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menggelar sosialisasi program beasiswa Indonesia emas daerah Provinsi Papua Barat.

Sosialisasi Beasiswa Indonesia emas di hadiri langsung oleh Bupati Manokwari, Wakil Bupati Teluk Bintuni, Wakil Bupati Teluk Bintuni, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Kabid Sosial Kabupaten Pegunungan Arfak dan jajaran, di Sasana Karya, Jumat (5/7/2024)

Dewan Pembina APKASI, Sokhiatulo Laoli menyampaikan bahwa ini dilakukan terkait sosialisasi beasiswa Indonesia emas untuk kesejahteraan peningkatan SDM di Indonesia. Salah satu program Apkasi yaitu untuk meningkatkan kualitas SDM di Indonesia.

“Kenapa diberikan suatu program beasiswa melalui daerah yang ada di Indonesia, dimana saat ini masih tertinggal dengan negara lain di bidang pendidikan”, ujarnya.

Apkasi akan meningkatkan SDM dengan cara mengadakan kerjasama dengan 21 perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berperan meningkatkan SDM di Indonesia.

“Pada 8 Agustus 2023, Apkasi membuat kerjasama melalui MOU antar 21 perguruan tinggi negeri dan asosiasi pemerintah di Indonesia”, jelasnya.

Ditambahkannya lagi, progam beasiswa ini terdiri dari dalam negeri dan luar negeri, dimana 2023 lalu sudah mulai kerja sama dengan negara Cina yang dibiayai oleh negara Cina itu sendiri.

“Sudah 50 orang mahasiswa yang dikirim ke Cina tahun 2023 dan tahun ini ada 225 diberi kuota untuk ke Cina, negara lain yang bertambah yaitu Turki dan Mesir”, katanya.

Bupati Manokwari Hermus Indou menuturkan, Apkasi memiliki peran penting dalam pembangunan daerah, menjadi wadah pimpinan daerah berdiskusi dan berkumpul untuk berdiskusi kepentingan daerah.

Untuk beasiswa Indonesia emas merupakan kesempatan dan inisiatif pemerintah Indonesia kepada masyarakat untuk meningkatkan pendidikan dan pengembangan SDM hingga ke luar negeri.

“Tantangan kita berkaitan peluang kerja yang ada di daerah dan pengangguran yang masih tinggi.Kita menyiapkan SDN yang produktif dalam melaksanakan tanggung jawab yang dipercayakan” tuturnya.

Tujuan program ini sangat baik dimana dapat meningkatkan akses perguruan tinggi dimana dari daerah ini dapat melanjutkan pendidikan tinggi hingga ke luar negeri.

Terdapat banyak hal yang mempengaruhi kesenjangan tersebut diantaranya kesempatan masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi yang belum sepenuhnya merata, adapun proses pendidikan ini merupakan manifestasi utama pembangunan dalam membekali keterampilan dasar SDM daerah untuk berkembang dan memberikan kontribusi dalam pembangunan nasional.

“Marilah bersama kita bersinergi dalam mendukung program-program positif yang dapat memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan daerah”, pesan Hermus. (ACM_2)

Artikel ini telah dibaca 47 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Melalui Program PESIAR, BPJS Kesehatan Manokwari Bersama Pemda Wujudkan UHC Kampung

17 Juli 2024 - 12:24 WIT

Kodim 1801/Manokwari Launching Rehab Tahap II Rumah Tidak Layak Huni PPAD

17 Juli 2024 - 12:01 WIT

Gelar Operasi Patuh Mansinam, Kasat Lantas : Target Kita Manokwari Tertib Helm

15 Juli 2024 - 10:41 WIT

Polri Gelar Operasi Patuh Selama 14 Hari, Berikut 7 Pelanggaran Prioritas !!

15 Juli 2024 - 09:46 WIT

Harlah ke-17, Ikaswara Manokwari Diajak Jaga Kekompakkan Dan Tetap Solid

14 Juli 2024 - 14:43 WIT

Sebulan Jelang Pendaftaran Calon Kepala Daerah, KPU Manokwari Buka Helpdesk

11 Juli 2024 - 20:40 WIT

Trending di MANOKWARI