Menu

Mode Gelap
Pengadilan Negeri Manokwari Tolak Praperadilan Tersangka Pembunuh Yahya Sayori Penembakan Warinussy, Dugaan Sementara Pelaku Gunakan Senapan Angin Seorang Pengacara Di Manokwari Jadi Korban Penembakan OTK Seleksi Catar Kanwil Kemenkumham Papua Barat Digelar Akhir Pekan Ini Ditreskrimsus Polda Papua Barat Lakukan Tahap II Kasus KorupsI Dana Hibah PBVSI

PAPUA BARAT · 20 Nov 2023 14:57 WIT

Basarnas Manokwari Gelar Rakor Dan Pelatihan Teknis Pertolongan Di Muka Air


 Basarnas Manokwari Gelar Rakor Dan Pelatihan Teknis Pertolongan Di Muka Air Perbesar

MANOKWARI – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari menggelar Rapat Koordinasi dan Pelatihan Teknis Pertolongan di Muka Air, guna meningkatkan kemampuan SAR di Papua Barat yang dilaksanakan di salah satu hotel di Manokwari, Senin (20/11/2023)

Basarnas Manokwari mengadakan Rapat Koordinasi SAR daerah dan Pelatihan teknik pertolongan di permukaan air bagi potensi pencarian dan pertolongan yang dibuka oleh Plt. Sekda Papua Barat Yacob Fonataba, PKPP Ahli Madya Direktorat Operasi Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor Basarnas Manokwari I Wayan Suyatna.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Kusworo yang diwakili PKPP Ahli Madya Direktorat Operasi Hari Adi Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat memformulasikan materi yag diberikan dan selama mengikuti kegiatan peserta dapat bermanfaat sehingga potensi SAR dapat melakukan tugas di wilayah Papua Barat.

“Kegiatan ini juga dapat menjawab masalah yang ada melihat kondisi dilapangan SAR Manokwari sangat kompleks”, ujarnya.

Peran seluruh potensi SAR sangat penting dalam mendukung Basarnas dalam pertolongan yang akan dilakukan. Sehingga dikatakan potensi yang ada harus digunakan dengan maksimal.

“Pesan saya agar kemampuan SAR yang dimiliki khususnya peserta, sehingga pelatihan hendaknya harus diasah dan dipelihara juga diteruskan kepada masyarakat luar”, pesannya.

Plt. Sekda Papua Barat Yacob Fonataba saat membuka kegiatan menyampaikan dukungan dan apresiasinya kepada Basarnas atas penyelenggaraan rapat koordinasi juga pelatihan guna meningkatkan kemamapuan potensi SAR di Manokwari.

“Kami dari pemerintah Provinsi Papua Barat memberikan apresiasi kepada Basarnas atas penyelenggaraan rapat koordinasi dan pelatihan bagi potensi SAR. Berharap dalam Rakor ini dirumuskan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan manusia di wilayah Provinsi Papua Barat”, ucapnya.

Dirinya berharap dari kegitan ini dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas dalam mendukung basarnas melakukan pertolongan dan pencarian saat dibutuhkan.

“Untuk pelatihan kami berharap dari pihak Basarnas akan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki karakter yang handal untuk mendukung pekerjaan pencarian dan pertolongan bagi keselamatan manusia”, tambah Fonataba.

“Kita berharap unit-unit dari Basarnas, terus di bangun dengan pemerintah-pemerintah daerah terutama kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Papua Barat, sehingga akan terkoordinasi baik supaya kita dapat menanggulangi hal-hal yang terjadi di luar kemampuan kita yang berada di wilayah perairan di Provinsi Papua Barat”, harap Sekda.

Disamping itu, Kepala Kantor Basarnas Manokwari I Wayan Suyatna menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan operasi SAR yang cepat, tetap dan terkoordinasi juga mewujudkan peran dan tanggungjawab instansi yang berpotensi SAR.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan dan teknis dalam melakukan pertolongan terhadap korban di air. Meningkat kemampuan evakuasi SAR dan menjadi forum dalam bersinergi dengan kantor SAR dan potensi SAR yang ada di Papua Barat”, jelasnya. 

Pelatihan SAR air diikuti sebanyak 50 orang yang berasal dari selruuh instansi potensi SAR. Rapat Koordinasi SAR daerah dilaksanakan dari tanggal 20 – 21 November 2023 dan pelatihan dilaksanakan dari 20-26 November 2023. (ACM_2)

Artikel ini telah dibaca 54 kali

badge-check

Writer

Baca Lainnya

Peduli Kelestarian Alam, Jelang HBA dan HUT IAD, Kejaksaan Tinggi PB Tanam 200 Pohon

19 Juli 2024 - 09:17 WIT

Kejaksaan Tinggi Papua Barat Berbagi Kasih Dengan Anak Panti Asuhan Dan SPGJ

19 Juli 2024 - 09:11 WIT

Jelang HBA dan HUT IAD, Kejati Papua Barat Gelar Donor Darah dan Anjangsana

18 Juli 2024 - 10:20 WIT

Persidangan Umum Ke-XII GPKAI Diharapkan Hasilkan Pemimpin Yang Visioner

17 Juli 2024 - 18:06 WIT

Ketua TP PKK Buka Kegiatan Pelatihan Olahan Tempe, Jadi Upaya Peningkatan Ekonomi Dan Juga Gizi Keluarga

17 Juli 2024 - 13:41 WIT

Seleksi Catar Kanwil Kemenkumham Papua Barat Digelar Akhir Pekan Ini

17 Juli 2024 - 12:30 WIT

Trending di PAPUA BARAT